Tips Sukses Wawancara Kerja Menggunakan Metode STAR

Tentang Kami / Berita

Tips Sukses Wawancara Kerja Menggunakan Metode STAR

Wawancara kerja merupakan proses yang cukup menegangkan. Tanpa persiapan yang matang, proses wawancara bisa berjalan ke arah yang berbeda. Selain menyiapkan keperpercayaan diri dan professionalisme, struktur komunikasi yang jelas juga memberikan dampak yang positif terhadap kesuksesan proses wawancara. Berikut tips sukses menggunakan metode STAR sebagai strategi komunikasi saat wawancra kerja yang bisa membuat kamu lebih menonjol dari kandidat lainnya.

Metode STAR adalah strategi wawancara untuk menjawab pertanyaan tentang kemampuan, keahlian, atau pengalaman kerja sebelumnya. Kata STAR sendiri adalah singkatan dari Situation (Situasi)Task (Tugas)Action (Aksi), dan Result (Hasil).

Metode ini banyak digunakan saat wawancara dan ditanyakan oleh rekruter untuk menganalisa pengalaman dan kualifikasi kamu sebagai kandidat. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu tau bagaimana cara menjawab dan menanggapi pertanyaan yang ditanyakan rekruter dengan menggunakan metode STAR.

Metode STAR

Agar proses wawancara disiapkan secara maksimal, kamu bisa mempersiapkan naskah metode STAR secara tertulis sebelum hari wawancara. Buatlah daftar skill yang kamu kuasai sekarang, contoh skill sebagai spesialis media sosial: creative writing, manajemen kampanye online, planning konten media sosial, dan lainnya.

Buatlah daftar skillmu dengan merefleksikan tanggung jawab profesimu saat ini, jadi pastikan skill yang mau kuasai berhubungan dengan pekerjaanmu sekarang. Proses ini akan mempermudah kamu untuk menulis naskah metode STAR dengan menonjolkan skill kamu. Dan buatlah lebih dari 1 skill yang kamu jabarkan menggunakan metode STAR, lebih banyak lebih baik.

Proses ini juga membantu kamu untuk tau lebih dalam tentang kekuatan, kemampuan, dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamarkan. Selain itu, dengan menulis naskah metode STAR, kamu juga bisa menambahkan kepercayaan diri dan memperjelas komunikasi dengan alur cerita yang rapi.

1.Situation (Situasi)

Mulai dengan menjelaskan situasi yang berhubungan dengan pertanyaan yang ditanyakan. Galilah cerita yang relevan dari pengalaman kerja sebelumnya dan pastikan situasi ini bisa menonjolkan kemampuan kamu secara positif. Ciri-ciri sebuah situasi adalah, adanya permasalahan atau peluang yang harus diatasi. Contohnya: Apa permasalahan perusahaan saat ini yang tim kamu harus pecahkan? Ceritakan situasinya secara singkat, karena sisa ceritanya akan diceritakan secara detil di poin selanjutnya.

Bila ini pengalaman pertama kerjamu, coba cari situasi yang kamu harus hadapi saat magang, memulai bisnis, berorganisasi saat kuliah, atau kerja sampingan. Tapi pastikan ada relasinya dengan pekerjaan yang kamu lamarkan dan pertanyaannya ya!

2. Task (Tugas)

Dari situasi yang sudah dijelaskin di poin pertama, setelahnya harus didukung oleh penjelasan tugas secara rinci. Biasanya, bisa dijelaskan dalam bentuk goals; Apa yang mau dicapai dari situasi tersebut? Apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai goals itu? Bisa juga dijelaskan menggunakan target atau objective key results (OKR) dari tim kamu.

3. Action (Aksi)

Aksi apa yang kamu ambil untuk melaksanakan tugas-tugas diatas? Ingat untuk menceritakan kontribusi personal kamu yang membantu pencapaian goal/target diatas. Jangan lupa untuk jelaskan secara rinci keahlian-keahlian kamu yang kamu pakai saat itu dan jelaskan alasan mengapa kamu melakukan aksi tersebut dalam kaitannya dengan situasi dan tugasnya.

4. Result (Hasil)

Setelah sudah menjelaskan secara runtun dari situasi, tugas, dan aksi, terakhir adalah untuk merangkum semuanya dengan hasil. Apa saja hasil dari aksi dan tugas yang sudah kamu kerjakan? Bagaimana aksi kamu mengubah situasi di awal menjadi lebih baik? Dan jangan lupa jelaskan secara detil. Buktikan hasil yang kamu capai dalam bentuk angka pencapaian kualitatif.

Itulah penjelasan singkat tips sukses wawancara dengan menggunakan metode STAR yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menggunakan satu cerita yang sama untuk menonjolkan berbagai kemampuan dan tinjau ulang seluruh pengalaman kamu dalam format STAR. Lalu sesuaikan lagi apa yang masih kurang dan apa yang bisa ditambahkan. Jangan lupa berlatih untuk mempermudah penjelasan cerita menggunakan metode STAR sebelum wawancara. Selamat mencoba!

Artikel di atas merupakan bentuk kolaborasi UPN Veteran Jawa Timur bersama RevoU