Ada berbagai tahapan melamar kerja, dimulai dari membuat CV, mengirim CV, proses wawancara, hingga akhirnya menerima kabar diterima atau ditolaknya lamaran kerja. Ada beberapa strategi praktis yang bisa membantu kamu mendapat perhatian lebih dari HRD di berbagai tahapan lamaran kerja.
Mari kita simak beberapa strategi anti di tolak HRD di berbagai tahapan lamaran kerja.
Poles CV & Portofolio
CV atau curriculum vitae merupakan profil profesional lengkap tentang kandidat yang melamar kerja. Bukan hanya informasi tentang latar belakang dan pengalaman saja yang harus kita masukkan ke dalam satu lembar A4, tapi banyak hal lain yang bisa kita coba untuk meningkatkan peluang agar lolos ke tahap perekrutan selanjutnya.
Berikut beberapa poin penting yang harus diingat saat membuat CV:
- Pastikan pengalaman relevan dengan posisi yang dilamar.
- Jelaskan pengalaman dengan achievement.
- Tulis skill dalam bentuk poin-poin.
- Hindari typo.
- Foto semiformal.
- Menggunakan istilah/jabatan yang familiar dengan posisi yang dilamar.
- Desain CV yang sederhana. Kecuali posisi yang dilamar memang membutuhkan CV Creative.
Manfaatkan LinkedIn
Mempunya profil LinkedIn dengan LinkedIn Summary yang ditulis mungkin bukan prioritas utama saat melamar kerja. Tapi nyatanya, memiliki profil LinkedIn yang tersusun dengan rapih dan memberikan informasi yang relevan dapat membantu mengambil perhatian perekrut dan membangun networking secara profesional.
Tapi belum banyak yang tahu beberapa tips penting yang bisa menonjolkan kamu sebagai kandidat di LinkedIn. Berikut beberapa strateginya:
-Ganti headline di LinkedIn menjadi posisi yang dilamar.
-Cantumkan skill yang relevan dibagian pekerjaan/jurusan yang diambil.
-Jelaskan pengalaman secara detil dengan poin-poin.
-Upload CV dan portofolio di LinkedIn.
-Dapatkan rekomendasi jujur dari dosen, teman kerja, organisasi saat kuliah, atau atasan.
-Aktif posting (Untuk personal branding).
-Jangan asal melamar, fokus pada satu industri dan/atau posisi yang ingin dilamar.
Belajar Networking
Selain mempunyai CV dan portofolio yang lengkap, networking juga sangat penting! Networking membantu membuka peluang untuk mendapatkan pengalaman baru baik untuk mencari kerja dan membangun karir.
Networking pada dasarnya adalah berkenalan dan berhubungan dengan orang baru untuk mengembangkan skill profesional dan kontak sosial. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk memulai networking:
-Reach out dan follow up HRD 7 hari setelah melamar kerja.
-Networking dengan teman, rekan kerja, teman SMA, atau atasan.
-Gabung dengan komunitas yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.
-Saling bantu dengan sesama teman yang cari kerja.
Stand Out di Interview
Setelah semuanya lolos dan masuk ke tahap wawancara, inilah saatnya untuk menunjukkan bahwa kamu paling unggul di antara kandidat lainnya. Salah satu caranya adalah punya persiapan wawancara yang matang.
Berikut beberapa strategi untuk mempersiapkan dan menjawab pertanyaan kerja secara maksimal:
-Lakukan riset tentang posisi yang dilamar, interviewer, dan perusahaan. Lalu lihat apakah cocok dengan kamu.
-Nilai plus bila bisa membuat presentasi pitch yang berisi, “Kenapa saya harus diterima diposisi ini”.
-Learn how to be likable. Dari gestur, senyum, dan cara mengajak orang lain berbicara.
-Harus bisa menjawab, “Kenapa kami harus hire kamu?”
-Ambil kesempatan untuk menanyakan hal yang relevan dengan posisi dan/atau tanggung jawab pekerjaan nantinya.
Artikel di atas merupakan bentuk kolaborasi UPN Veteran Jawa Timur bersama RevoU
Proses mencari perusahaan untuk magang ataupun kerja yang cocok dengan kita bukanlah proses yang mudah. Merasa bingung untuk memulai sudah menjadi hal yang biasa. Sebelum memulai mencari perusahaan, ada baiknya untuk mencari career goals sebagai arahan yang jelas saat proses mencari kerja/magang. Ini dimulai dengan mencari tau work value yang penting dalam diri kamu.
Finding your Work Value
Work value adalah nilai-nilai yang kamu anggap penting dalam kehidupan kerja. Berikut beberapa contoh nilai-nilainya:
- Mission & Impact
- Social interaction, collaboration, and teamwork
- Routine
- Reward
- Challenge and expression
Nilai-nilai di atas merupakan beberapa nilai dasar yang sering ditemukan di dunia kerja. Dari nilai-nilai ini kamu bisa mengurutkan nilai mana yang paling penting ada di lingkungan kerja dan mana yang kurang penting. Pakai acuan work values ini untuk mencari perusahaan yang memiliki values yang sama.
Selanjutnya, pencarian perusahaan yang cocok dengan kamu bisa dimulai. Berikut beberapa hal yang bisa di riset lebih dalam untuk mencari tau tentang industri dan perusahaan:
Kenali Industri
Sebelum melakukan riset perusahaan secara mendalam, dianjurkan untuk memilih dan mengenali industri yang menarik perhatianmu. Contoh bagi sarjana ekonomi dan bisnis; Ilmu ekonomi dan bisnis dibutuhkan di berbagai industri. Dari perbankan, F&B, teknologi, pemerintahan, dan masih banyak lainnya.
Pilihan industri tidak harus fokus pada satu industri saja. Buatlah list beberapa industri yang memang kamu minati, kuasai, atau gulati. Hal yang serupa bisa diterapkan ke jurusan lainnya.
Riset Perusahaan
Riset perusahaan bisa dilakukan dengen mengecek website, LinkedIn, berita, dan portal-portal lowongan kerja. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui seluk-beluk perusahaan tersebut.
Layaknya seperti berkenalan dengan teman baru, tapi kali ini berkenalan dengan perusahaan. Cari tau tentang CEOnya, visi dan misi, produk, atau klien (Kalau ada). Akan lebih bagus dan maksimal bila ada kenalan langsung yang bekerja di perusahaan tersebut.
Cek Lowongan dan Tanggung Jawab Pekerjaan
Selain untuk melamar kerja, cobalah cek postingan lowongan dan tanggung jawab pekerjaan untuk melihat lebih lanjut budaya kerja, ekspektasi, ciri khas perusahaan, dan juga gaji dan tunjangan.
Gunakan Produk & Jasanya
Salah satu cara ampuh yang bisa membantu cari tahu apakah kita cocok dengan perusahaan adalah menggunakan produk atau jasanya. Terkadang prosesnya terbalik, karena kita sudah suka dengan produk atau jasanya, akhirnya bercita-cita ingin kerja di perusahaan tersebut.
Ingatlah bahwa kamu akan menjadi tenaga kerja yang akan membantu membuat produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Pastikan kita memiliki kecocokan dengan produk dan jasa yang diperjualbelikan.
Pantau Media Sosialnya
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mayoritas perusahaan sudah memiliki media sosial untuk melakukan pemasaran dan branding. Pantau seluruh akun media sosial perusahaan untuk mengetahui produk dan jasa terbaru, update perusahaan, dan cari tahu apakah mereka punya media sosial “Life at” yang fokus pada branding karyawan.
Manfaatkan fitur “Jobs” dan “People” di profil LinkedIn perusahaan. Dari sana, kamu bisa pantau informasi lowongan dan profil karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.
Cek Review Karyawan
Untuk mengetahui kultur, gaji, dan tunjangan secara detil dari suatu perusahaan, review karyawan di job portal merupakan tools ampuh yang bisa digunakan. Job portal online merangkum review perusahaan menjadi beberapa kategori, fokuskan pada review tunjangan dan gaji, kultur kerja, dan bila ada, pro & kontra bekerja di perusahaan tersebut.
Catat & Bandingkan Seluruh Perusahaan Incaranmu
Setelah sudah melakukan riset yang mendalam, jangan lupa untuk catat seluruh penemuanmu dan bandingkan perusahaan-perusahaannya. Coba membuat list pro dan kontra untuk setiap perusahaan yang kamu sukai. Jangan lupa untuk membandingkan dengan work value yang sudah dibuat diawal proses riset.
Artikel di atas merupakan bentuk kolaborasi UPN Veteran Jawa Timur bersama RevoU
Halo teman-teman!
UPN Jatim dan Kinobi akan melaksanakan coaching career untuk alumni UPN Jatim. Coaching career ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kapabilitas alumni UPN Jatim dalam menghadapi dunia karir.
Teman-teman alumni akan mendapatkan pengetahuan seputar persiapan karir mulai dari pembuatan CV ATS hingga persiapan wawancara. Selain itu, berkesempatan untuk melakukan simulasi penggunaan Kinobi untuk mahasiswa dan alumni UPN Jatim
Link pendaftaran:
Tanggal dan Jadwal coaching career UPN Jatim X Kinobi :
Hari/Tanggal : Selasa, 15 Agustus 2023
Pukul : 10.00 WIB - selesai
Media : Via Zoom Meeting
Informasi karir dan pertanyaan seputar Tracer Study UPN
Unit Pendukung Akademik
Pengembangan Karir dan Kewirausahaan
Telp/WA: 081329882489 (Pak Arista)
Web: upapkk.upnjatim.ac.id
Email: upapkk@upnjatim.ac.id
IG: @upapkk_upnvjt
Career Portal: upnjatim.app.kinobi.asia